11 Bumbu Masak Populer Kuliner Unik

11 Bumbu masak populer kuliner unik – Namanya saja bumbu masak, tentu saja bermanfaat untuk membuat masakan menjadi lebih enak dan lezat. Penggunan bumbu masak atau rempah-rempah atau lebih dikenal dengan bumbu dapur akan menciptakan masakan dengan citarsa tertentu.

cabai merah,bumbu masak,bumbu dapur
Cabai merah (pixabay.com)

Puluhan bahkan ratusan jenis bumbu masak yang ada di negeri Indonesia. Ini karena Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bubu masak sehingga masakan Indonesia menjadi lebih spesifik.

Meskipun demikan berikut ini hanya akan disajikan beberapa jenis bumbu masak yang sering digunakan dalam mengolah dan menyajikan kuliner unik di wilayah Minangkabau.

1.Cabai
Cabai memiliki rasa pedas karena mengandung senyawa capsaicin. Ada cabai merah keriting dan cabai rawit. Cabai merah keriting sering digunakan dalam keadaan yang sudah masak yang ditandai dengan warna merah. Penggunaannya setelah dihaluskan dengan batu lada atau mesin penggiling cabai.

Namun ada pula cabai merah keriting yang masih muda dan dikenal dengan cabai hijau. Cabai rawit  memiliki pedas yang lebih menyengat lidah. Oleh sebab itu sering digunakan sebagai campuran cabai merah.

2.Bawang
Bawang yang sering digunakan dalam mengolah dan menyajikan kuliner unik adalah bawang merah dan bawang putih. Bawang merah akan menjadikan masakan menjadi lebih gurih. Sedangkan bawang putih menghasilkan maskan dengan citarasa lezat dan harum.

3.Santan kelapa
Santan adalah hasil perasan kelapa yang sudah diparut. Santan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat masakan dengan aroma dan rasa yang enak. Santan sering digunakan untuk membuat aneka gulai dan kalio. Dapat dibayangkan kalau gulai dimasak tanpa menggunakan santan kelapa.

4.Serai
Serai atau sereh merupakan tanaman dari kelompok rumput-rumputan dan mudah tumbuh. Digunakan sebagai bumbu masak untuk mengharumkan masakan.

5.Daun salam
Daun salam merupakan bahan rempah untuk mengharumkan masakan dan fungsinya hampir sama dengan serai.

6.Jahe
Jahe memiliki rasa pedas dan digunakan bersama masakan berkuah santan atau tumis.

7.Lengkuas
Lengkuas atau laos adalah bumbu masak umbi-umbian yang digunakan untuk masakan bersantan.

8.Kunyit
Kunyit berwarna kuning sehingga dapat menjadi zat pewarna alami pada masakan. Selain itu kunyit juga dapat menghilangkan bau amis pada masakan.

9.Jeruk nipis
Jeruk nipis berfungsi untuk mengharumkan dan menyegarkan masakan serta menghilangkan bau amis masakan.

10.Daun jeruk purut
Daun jeruk juga berfungsi untuk menyedapkan masakan dengan aroma yang sedap.

11.kemiri
Kemiri mengandung minyak sebagai bubu rempah sehingga masakan menjadi lebih berminyak dan harum.

Itulah 11 bumbu masak yang banak digunakan dalam mengolah masakan atau kuliner unik di wilayah minangkabau.

0 Response to "11 Bumbu Masak Populer Kuliner Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel