Asyiknya Ngemil Lankitang Hisap Pengin Nagih lagi

Asyiknya ngemil lankitang hisap pengin nagih lagi – Kali ini kuliner unik akan menyajikan camilan langkitang . Camilan ini dibuat dan artikelnya ditulis oleh Arnis, S.Pd yang kebetulan berasal dari daerah Pariaman. Selanjutnya mungkin ada yang bertanya, apa itu langkitang?

camilan,langkitang hisap,siput air tawar
Camilan lezat dan aroma harum langkitang hisap (Arnis,S.Pd/kulinerunik.com)

Langkitang merupakan nama sebutan untuk hewan siput air tawar yang dapat dikonsumsi. Siput ini memiliki cangkang berwarna hitam berbentuk memanjang kira-kira sebesar jari kelingking.

Di Sumatera Barat istilah langkitang lazim di gunakan di Padang, Pariaman atau Agam.  Di Pariaman hewan ini banyak terdapat di air tawar seperti muara-muara sungai, telaga atau sawah. Sedangkan di Agam banyak dijumpai di pinggiran seputar Danau Maninjau.

Hewan air bercangkang keras ini kaya protein. Dapat diolah menjadi camilan atau penganan yang lezat, beraroma unik dan mengasyikkan tentunya.

Namanya saja langkitang hisap. Cara memakannya dengan  menghisap atau menyedot pada bagian mulut cangkang langkitang. Bunyi decak hisapan daging langkitang akan membuat selalu nagih untuk ngemilnya.

Kuliner unik langkitang hisap ini memiliki citarasa pedas dan enak karena bumbu-bumbunya berupa cabe hijau dan santan kelapa dan beberapa macam bawang. Mengolahnya bisa ditumis atau digulai sesuai selera.

Bumbu-bumbu tersebut akan meresap ke dalam daging yang berada dalam cangkang siput. Hal ini karena bagian ujung cangkang siput dipotong. Rasanya yang enak dan tidak berbau lumpur serta aroma wangi langkitang karena bumbu-bumbunya tadi.

Jika anda tidak dapat mengolah sendiri camilan langkitang hisap, anda mungkin mendapatnya di pasar tradisional seperti di wilayah yang disebutkan di atas. Langkitang yang sudah siap jual biasanya ditaruh pada wadah baskom dan penjual langkitang menakarnya dengan gelas dan dibungkus dengan kantung plastik. Harganya pun berkisar antara tiga ribu sampai lima ribu rupiah per gelasnya. (Kiriman: Arnis, S.Pd)

0 Response to "Asyiknya Ngemil Lankitang Hisap Pengin Nagih lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel