Usaha Kuliner Tradisional Sebagai Tambahan Penghasilan Keluarga

Usaha kuliner tradisional sebagai tambahan penghasilan keluarga - Bagi keluarga katagori ekonomi menengah ke bawah, boleh jadi mengalami kesulitan dalam menghadapi situasi ekonomi terkini. Antara pemasukan keuangan tidak sebanding lagi dengan pengeluaran dalam pemenuhan kebutuhan anggota keluarga.

kue talam,usaha sampingan,tambahan penghasilan

Hal ini tentu semakin dirasa menyusul kenaikan harga, tarif, bea dan jasa akhir-akhir ini. Kondisi ini telah membuat kepala keluarga untuk bekerja keras mencari tambahan penghasilan di samping penghasilan utama.

Kenaikan harga barang kebutuhan pokok, bea dan tarif kebutuhan sekunder serta jasa tidak mungkin diredam. Semua itu perlu disikapi dengan kreativitas mencari pendapatan tambahan oleh kepala keluarga.

Ibu rumah tangga tak kalah penting peranannya dalam menghadapi kondisi ekonomi demikian. Bagaimana seorang ibu rumah tangga menyokong pndapatan kepala rumah tangga.

Di rumah tangga, para ibu dituntut kreativitas dan tangan dingin-nya untuk meringankan beban tanggungan kepala keluarga dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga.

Usaha kuliner tradisonal

Ibu rumah tangga lebih berpotensi kreatif dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota keluarga. Misalnya, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan murah untuk menghasilkan makanan dan penganan tradisional menarik bagi anggota keluarga.

Selain itu, kuliner tradisional ini bukan tidak mungkin dijadikan bernilai ekonomi. Misalnya mengolah singkong menjadi penganan tradisional seperti kue talam singkong, godok singkong, lepat singkong, singkong goreng dan lain sebagainya.

Kreasi ibu rumah tangga mengolah bahan pangan tradisonal , terutama sekali ditujukan menciptakan kuliner yang dapat menghasilkan uang. Semua bahan kuliner olahan ibu rumah tangga tersebut bisa dijual atau ditaruh di warung-warung atau kedai. 

Hasil penjualan dibagi dengan perbandingan 80 : 20. Artinya, 20 % untuk warung atau kedai penjual sedangkan 80 % untuk yang membuat kuliner.

0 Response to "Usaha Kuliner Tradisional Sebagai Tambahan Penghasilan Keluarga"

Posting Komentar