Sayur Daun Katuk, Jangan Anggap Enteng!

Sayur daun katuk, jangan anggap enteng! – Jangan menganggap enteng daun tumbuhan hijau yang satu ini, daun katuk!. Dapat dibuat sayur dan mengandung aneka vitamin sehingga berkhasiat untuk pengobatan, bahkan melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

sayur,daun katuk,khasiat

Pada awalnya memang  belum banyak orang yang mengetahui kalau daun katuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan tergolong perdu (semak) dan berkhasiat juga untuk pengobatan ini dibiarkan tumbuh di halaman atau jadi pagar hidup.

Perkembangan ilmu pengetahuan menemukan bahwa daun katuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semakin banyak orang yang mengkonsumsi daun katuk, terutama dijadikan sebagai sayur, di samping sayur bayam dan kangkung.

Sepintas, dari anatominya tidak banyak yang menarik dari tumbuhan katuk, baik daun maupun buahnya. Namun daun katuk berukuran kecil dan berwarna hijau pekat ternyata mengandung klorofil. Buahnya menyerupai buah ceremai warna putih ataupun merah.

Daun katuk kaya akan protein dan serat kasar, vitamin dan mineral. Vitamin yang dikandung daun katuk misalnya vitamin A, B dan C. Konon, daun katuk banyak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui untuk memperlancar ASI.

Selain itu, daun katuk digunakan sebagai penurun demam karena bersifat pendingin. Mengobati borok dan bisul serta membersihkan darah kotor.

Bagaimana memanfaatkan daun katuk untuk kesehatan?

Kebanyakan daun katuk dijadikan sebagai sayuran kuah bening. Tentu saja tidak berbeda dengan membuat sayur bayam dan kangkung. Dikatakan sayur kuah bening karena hanya memerlukan air, garam, dan bawang merah untuk membuatnya.
Budidaya katuk sangat mudah. Katuk dapat dikembangkan di kebun atau pekarangan rumah. Ini akan membuat pekarangan bernuansa hijau sebagai pelengkap tanaman yang ada di kebun keluarga di pekarangan rumah.

Demikian info tentang 
sayur daun katuk dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Sayur Daun Katuk, Jangan Anggap Enteng!"

Posting Komentar