Kelebihan dan Kekurangan Serta Tips Memasak di Dapur Kotor

Kelebihan dan kekurangan serta tips memasak di dapur kotor – Dapur kotor atau disebut juga dengan dapur abu, sering digunakan orang untuk memasak dan memanaskan air. Misalnya menanak nasi, memasak gulai, membuat gorengan dan lain sebagainya.


dapur kotor,dapur abu,tips,memasak

Hari gini masih menggunakan dapur kotor? Mungkin pernah anda mendengar seloroh teman seperti itu. Namun perlu diketahui, menggunakan dapur kotor bukan persoalan zaman sudah maju, sarana dan peralatan dapur dan memasak sudah canggih dan praktis.

Dan bukan pula karena tidak punya dapur bersih, tidak memiliki kompor gas atau kompor minyak tanah.

Meskipun sudah punya dapur bersih, kompor gas, kompor listrik atau kompor minyak. Ada kalanya dapur kotor dengan tunggu kaki tiga, dari besi atau batu, suatu waktu akan diperlukan.

Misalnya saat anda membuat gulai pakis, gulai nangka muda, membuat kalio atau semur daging. Dapur kotor akan digunakan untuk menghasilkan masakan yang lebih enak dengan cita rasa khas.

Bagaimana kelebihan dan kekurangan menggunakan dapur abu atau dapur kotor?

A.Kelebihan menggunakan dapur kotor

1.Menghemat biaya pengeluaran
Saat ini orang sering ‘memekik’ masalah keterbatasan energi bahan bakar minyak dan gas bumi. Harga bahan bakar minyak (BBM) dan gas mahal, termasuk gas untuk bahan bakar kompor gas buat keperluan memasak di dapur.

Menggunakan kayu bakar untuk memasak di dapur kotor tentu lebih hemat bahan bakar gas, sekaligus mengirit pengeluaran biaya harian keluarga.

2.Cita rasa masakan lebih sesuai
Memasak masakan tertentu seperti rendang, semur daging, gulai (masakan berkuah) akan menghasilkan cita rasa sesuai karakter masakan itu sendiri.

B.Kekurangan menggunakan dapur kotor

1.Masalah kebersihan
Memasak di dapur kotor jelas kurang bersih. Bukan masakannya kurang bersih melainkan kondisi di dapur penuh dengan abu kotor sebagai hasil pembakaran kayu api.

Selain itu masalah kebersihan tubuh akibat asap pembakaran kayu api.Tubuh orang yang memasak di dapur kotor akan berbau asap.

2.Masalah waktu
Menggunakan dapur kotor untuk memasak memerlukan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan menggunakan dapur bersih dan menggunakan kompor minyak atau kompor gas. Apalagi anda kurang piawai dalam menyalakan api dari kayu bakar.

Kemudian, mencari kayu bakar juga membutuhkan waktu dan kerja tambahan, terutama bagi anda yang tinggal tidak jauh dengan sumber kayu bakar.

Bagaimana memasak di dapur kotor agar lebih cepat dan sedikit waktu? Hal ini tergantung pada bagaimana anda menggunakan tungku dapur kotor saat memasak masakan. Berikut tipsnya untuk anda.

C.Tips memasak di dapur kotor

1.Gunakan bahan bakar kayu yang sudah kering.

2.Silangkan kayu dalam tungku, jangan disusun begitu saja karena ini akan menimbulkan asap yang banyak dan api susah menyala.

3.Sesuaikan jumlah kayu yang dimasiukkan dengan kapasitas tungku. Jangan terlalu padat atau terlalu sedikit. Ini juga akan membuat api susah menyala sebaliknya akan menimbulkan asap.

4.Gunakan daun kelapa yang sudah kering untuk memulai menyalakan api atau dapat juga dengan menuangkan sedikit minyak tanah dengan hati-hati.

5.Hati-hati ketika berada dekat tungku, jangan sampai menyenggol ujung kayu bakar yang akan menyebabkan periuk, kuali atau wajan terdongkrak oleh kayu bakar karena disini berlaku hukum tuas atau pengungkit.

Uraian Kuliner unik tentang menggunakan dan memasak di dapur kotor di atas diharapkan bermanfaat bagi anda. Silahkan dishare sebagai hadiah atau kenang-kenangan buat teman anda. Terima kasih. 

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Serta Tips Memasak di Dapur Kotor"

Posting Komentar