Lemang Plus Tapai = Lemang Tapai

Lemang plus tapai = lemang tapai – Lebaran haji atau idul adha 1439 H sudah di ambang pintu. Menyongsong datangnya hari raya terbesar dalam islam itu, kami sajikan penganan unik Minangkabau, lemang tapai.

lemang,tapai,lemang tapai,penganan

Membahas penganan ini pasti mempersoalkan dua penganan sekaligus. Lemang dan tapai.Lemang dimakan bersama tapai beras ketan hitam.

Lemang

Sebenarnya kedua penganan ini dibuat dari bahan sama, yaitu beras ketan. Lemang (lamang) terbuat dari beras ketan putih. Ada juag lemang dari bahan beras ketan merah. Dimasukkan dalam batang talang besar bambu) kemudian didiang dengan api sampai matang.

Bisa juga dengan cara dikukus, dan ini lebih praktis. Beras ketan putih yang telah dicampur dengan bahan dan bumbu, seperti santan kelapa, damar, dan lain sebagainya.,Kemudian dibungkus dengan daun pisang, membentuk bulatan panjang dengan ukuran tertentu.

Tapai ketan hitam

Tapai (tape), juga terbuat dari bahan utama beras ketan. Biasanya dipilih beras ketan hitam sehingga disebut tapai beras ketan hitam. Tapai beras ketan ini dibuat melalui proses fermentasi menggunakan ragi.

Tapai beras ketan termasuk salah satu produk teknologi konvensional karena menggunakan mikroorganisme dalam proses pembuatannya. Untuk bahan praktik biologi, siswa dapat memilih tapai beras ketan hitam ini.

Penganan tradisional ini biasanya dibuat pada hari-hari tertentu, seperti lebaran idul fitri dan idul adha. Begitu pula saat pesta kenduri. Namun saat ini, tapai beras ketan hitam sudah dapat ditemukan di pasar-pasar.

Itulah sajian penganan lemang tapai dari Boga Unik untuk menyambut lebaran haji atau idul adha 1439H. Minal aidin walfaidzin.

0 Response to "Lemang Plus Tapai = Lemang Tapai"

Posting Komentar