Kegunaan dan Cara Membuat Gulai Nangka Muda yang Enak

Kegunaan dan cara membuat gulai nangka muda yang enak – Punya nangka atau cempedak di kebun atau dekat rumah anda? Kebetulan nangka tersebut sedang berbuah lebat dan masih muda? Nangka muda itu mau diapakan, ya?

nangka muda,cara membuat,gulai nangka

Sebenarnya, kalau anda memiliki banyak buah nangka muda anda dapat menjualnya sehingga menghasilkan uang. Tapi kalau anda tidak mau menjualnya, mendingan dimanfaatkan saja. Misalnya anda buat gulai nangka muda.

Sebelum dilanjutkan artikel ini akan disinggung dulu tentang buah nangka. Ya, boleh dikatakan hampir semua orang Indonesia mengenal buah nangka. Nangka, kadang-kadang disebut cempedak, yang sudah masak berwarna kuning dan manis rasanya sehingga menggugah selera.

Nah, kalau nangka di kebun anda sudah masak, pasti anda dipetik dan siap untuk dicicipi bersama keluarga. Sukur-syukur kalau anda mau membagikannya pada tetangga sekitar. Kalau tidak mungkin anda jual dan mendapatkan uang.

A.Kegunaan nangka muda

Nangka yang masih muda dapat menjadi bahan kuliner. Salah satunya masakan gulai nangka. Kalau anda memiliki nangka dikebun dan berbuah lebat dapat memanfaatnya untuk membuat gulai.

Tak mesti memiliki buah nangka atau kebun nangka. Anda dapat membelinya kalau memang ingin membuat guilai nangka.

Kenapa harus nangka muda? Nangka yang sudah tua memiliki biji yang sudah keras dan kulit buah berserat kasar. Sedangkan nangka muda kebalikannya. Bijinya masih muda dan lembut serta sertanya halus sehingga dapat dimakan dengan enak.

Gulai nangka dapat dijadikan sebagai teman makan nasi, dibuat sayur ketupat atau lontong juga bisa. Nah, yang terakhir ini tentu saja bisa sebagai menu sarapan bagi anda bersama keluarga.

Membuat gulai nangka memang cukup merepotkan. Hal ini karena buah nangka muda mempunyai getah yang banyak. Namun demikian untuk mengolah bahan nangka muda sebelum dimasak, tidak perlu cemas. 

Menguliti nangka muda kemudian memotongnya menjadi bagian kecil-kecil tak perlu dikhawatirkan. Cukup oleskan minyak goreng pada tangan atau parang yang digunakan.

Kalau benar-benar tak mau direpotkan, di pasar tradisional sudah banyak dijual nangka muda yang siap dimasak.

Mari kita mulai membuat gulai nangka muda.

B.Bahan dan bumbu gulai nangka muda

1.Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan
2.Santan kelapa encer 1 liter dan santan kental 0.5 liter
3.Nangka muda yang dipotong dadu 0.5 kg
4.Cabe merah kira-kira 8 buah
5.Bawang merah 10 butir dan bawang putih 6 siung
6.Merica bubuk secukupnya
7.Gula putih 1 sendok makan
8.Daun salam 2 lembar
9.Lengkuas sebesar ibu jari
10.Daun jeruk nipis 3 lembar
11.Asam jawa 3 sendok makan

C.Cara membuat gulai nangka muda

-Haluskan bumbu cabe merah, bawangmerah, bawang putih dan merica.

-Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, kemudian masukkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk.

-Masukkan santan encer, panaskan beberapa menit

-Masukkan santan kental dan air asam jawa

-Masukkan gula putih ketika diperkirakan nangka muda sudah mulai matang.

-Siap disajikan bersama nasi atau ketupat maupun lontong.

Nah, itulah bahan dan bumbu serta cara membuat gulai nangka enak dari Kuliner Unik. Bagusnya juga membuat gulai nangka dengan belanga, periuk dari tanah atau kuali tanah. Kemudian dimasak menggunakan dapur abu atau dapur kotor dengan bahan bakar kayu api.

Kenapa dengan belanga dan dimasak di dapur kotor dengan menggunakan bahan bakar kayu apai? Supaya gulai nangka lebih enak dan membuat lidah anda bersilat ketika mencicipinya bersama nasi atau ketupat.

0 Response to "Kegunaan dan Cara Membuat Gulai Nangka Muda yang Enak"

Posting Komentar